Rika Verry Kurniawan (e-Marketing for Digital Books Officer-PT Tiga Serangkai) Memberikan Materi kepada Peserta Program KMMI 2021, Jumat (6/8/2021)

FMIPA UNS – Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI). Program KMMI adalah sebuah program guna mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan keleluasaaan kepada mahasiswa untuk belajar, menimba dan mendapatkan pengalaman di luar kampus. Perhitungan ekuivalensi SKS didasarkan pada luaran program KMMI yang diikuti dan disesuaikan dengan capaian pembelajaran lulusan yang ada di kurikulum program studi masing-masing peguruan tinggi.

Program KMMI merupakan pembelajaran bentuk kursus singkat/short course yang mencakup hard skills dan soft skills. Program ini dimulai pada hari Jumat (6/8/2021) dengan dibuka langsung oleh Dekan FMIPA, Drs. Harjana, S.Si., M.Si., Ph.D. Acara pembukaan juga dihadiri oleh Dr. Sutanto, S.Si., DEA selaku Direktur Reputasi Akademik dan Kemahsiswaan UNS dan Ibu Hj. Eny Rahma Zaenah, S.E., M.M., Chief Executive Officer PT. Tiga Serangkai.

Keunggulan Course

Program ini ditujukan untuk para mahasiswa ilmu komunikasi, manajemen, bahasa, matematika, dan lainnya, yang ingin mendapatkan pemahaman tentang konsumen industri penerbitan dan percetakan, dan mempelajari cara menggunakan digital marketing tools serta strategi digital yang terintegrasi untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Kelas Digital Marketing pada Perusahaan Penerbitan dan Percetakan yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret (FMIPA UNS) menggandeng mitra Tiga Serangkai Group yang telah berkiprah di dunia industri penerbitan dan percetakan selama 62 tahun.

Mitra Kerjasama

Sejumlah institusi mitra dilibatkan Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia Tahun 2021. Salah satu mitra yang digandeng adalah Tiga Serangkai Group yang telah berkiprah di dunia industri penerbitan dan percetakan sejak tahun 1958.  Sebagai perusahaan penerbitan dan percetakan yang berkiprah selama enam dekade, Tiga serangkai menggunakan mesin modern dan berteknologi tinggi sehingga mereka bisa memproduksi produk secara efisien yang mampu memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan. Rektor UNS dan Chief Executive Officer dari Tiga Serangkai Group telah menandatangani nota kesepahaman sejak tahun 2020. Nota kesepahaman tersebut meliputi ruang lingkup kegiatan akademik, seperti penyelenggaraan pendidikan, baik berupa perkuliahan, tutorial, magang kerja, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Peserta Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) 2021 tersebar di 17 Provinsi di Indonesia

Deskripsi Peserta

Peserta KMMI 2021 UNS terdiri atas 120 Mahasiswa (30% dari pendaftar) di seluruh Indonesia semester 3, 5, dan 7 yang berasal dari berbagai ragam latar belakang keilmuan meliputi : Ilmu Komunikasi, Sejarah, Jurnalistik, Akuntansi, Psikologi, Teknik Industri, Sastra Daerah, Ilmu Pemerintahan, Manajemen, Bahasa, Arkeologi, Ilmu Administrasi Niaga, Administrasi Bisnis, Kimia, Pendidikan Guru, Sistem Informasi, Matematika, Statistika, dan Informatika.

Peserta tersebar dari 17 Provinsi di Indonesia: Aceh, Bali, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Lampung, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengara, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Yogyakarta

Selama program delapan minggu ini, peserta akan mempelajari bagaimana digital marketing tools -termasuk media sosial dan teknologi seluler- dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemasaran. Kelas akan dilaksanakan daring/online dengan metode self-paced learning, live session, dan project based learning dengan pendekatan higher order thinking skills (HOTs).

Peserta akan belajar mandiri (self-paced learning) menggunakan PC/laptop, berpartisipasi aktif pada sesi live session bersama instruktur berpengalaman serta menyelesaikan proyek mandiri dan berkelompok sebagai tugas. Peserta akan melakukan eksperimen dan membuat data analitik dalam mengaktifkan wawasan berbasis data untuk memberdayakan keputusan terkait strategi pada perusahaan penerbitan dan percetakan secara lebih luas. [MnR/MIPA]