PROFIL PIMPINAN

FAKULTAS MIPA UNS

PROFIL PIMPINAN

Untuk menjadi institusi akademis dalam rangka memajukan Universitas Sebelas Maret menuju Universitas kelas dunia, Fakultas MIPA UNS dipimpin oleh orang-orang luar biasa. Jajaran pimpinan Fakultas MIPA UNS adalah  orang-orang yang terpilih dan dipercaya  mengelola Fakultas MIPA dalam rangka mencapai tujuannya. 

Dalam melaksanakan tugasnya tentu saja pimpinan Fakultas MIPA UNS mendapatkan beban berat namun dengan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari mahasiswa, sivitas akademik dan juga  staff maka visi dan misi Fakultas tidak mustahil akan terwujud.

DEKANAT FAKULTAS MIPA UNS

Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D.

DEKAN

Drs. Harjana, Ph.D. lahir di Boyolali pada tahun 1959. Kemudian menyelesaikan pendidikan Sarjana yang ditempuh di Universitas Sebelas Maret bidang keahlian Pendidikan Fisika dan dilanjutkan menempuh pendidikan master di Universitas Gadjah Mada. Selanjutnya menyelesaikan pendidikan magister dan doktor di State University Of New York At Albany dalam bidang Ilmu Fisika.

Sebelum menjabat sebagai Dekan Fakultas MIPA UNS, Drs. Harjana, Ph.D. pernah menjabat sebagai Kepala Jurusan Fisika Fakultas MIPA UNS, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas MIPA UNS serta Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Pascasarjana UNS.

Prof. Venty Suryanti, S.Si., M.Phil., Ph.D.

Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan

Prof. Venty Suryanti lahir di Wonogiri pada tahun 1972. Kemudian menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Gadjah Mada pada tahun 1996. Melanjutkan pendidikan magister di University Of Leeds bidang keahlian Biokimia dan pendidikan doktor di The University Of New South Wales.

Prof. Venty Suryanti memperoleh Jabatan Guru Besar pada tahun 2018 dan merupakan Guru Besar ke-empat belas di Fakultas MIPA UNS. Sebelum menjabat sebagai Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan, Prof. Venty Suryanti pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Riset dan Pengembangan pada UPT Laboratorium Terpadu Universitas Sebelas Maret.

Dr. Desi Suci Handayani, S.Si., M.Si.

Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Logistik

Dr. Desi Suci Handayani lahir di Klaten pada tahun 1972. Kemudian menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Gadjah Mada bidang Kimia serta menyelesaikan pendidikan master dan doktor di Universitas Gadjah Mada dengan bidang keahlian Ilmu Kimia.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Dekan Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Logistik, Dr. Desi Suci Handayani pernah menjabat sebagai Sekretaris Jurusan D3 Farmasi Fakultas MIPA UNS dan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas MIPA UNS serta saat ini tercatat sebagai tenaga pendidik pada Program Studi Kimia Fakultas MIPA UNS.

Dr. Fahru Nurosyid, S.Si., M.Si.

Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi

Dr. Fahru Nurosyid lahir di Klaten pada tahun 1972. Kemudian menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Gadjah Mada bidang Fisika serta menyelesaikan pendidikan master dan doktor di Universitas Gadjah Mada dengan bidang keahlian Ilmu Fisika.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi, Dr. Fahru Nurosyid pernah menjabat sebagai Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas MIPA UNS, Kepala Program Studi S1 Fisika Fakultas MIPA UNS serta saat ini tercatat sebagai tenaga pendidik pada Program Studi Fisika Fakultas MIPA UNS.

SENAT AKADEMIK FAKULTAS

Prof. Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D.

Ketua Senat Akademik Fakultas

Lahir di Semarang pada tahun 1963, Prof. Tri Atmojo Kusmayadi menyelesaikan pendidikan di Universitas Gadjah Mada D.I. Yogyakarta, sementara gelar Master dan Ph.D beliau peroleh di Curtin University of Technology Australia dengan bidang keahlian Mathematics.

Dr. Umi Salamah, S.Si., M.Kom.

Sekretaris Senat Akademik Fakultas

Lahir di Surakarta pada tahun 1970, Dr. Umi Salamah menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Sebelas Maret, Sementara gelar Master dan Doktor diperoleh dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Jawa Timur dengan bidang keahlian Ilmu Komputer.

Prof. Dra. Soeparmi, M.A., Ph.D.

Ketua Komisi I Senat Akademik Fakultas

Lahir di Sragen pada tahun 1952, Prof. Soeparmi menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Negeri Yogyakarta, sementara gelar Master beliau peroleh di State University Of New York At New Paltz dan Ph.D beliau peroleh di State University Of New York At Albany.

Dr. Triana Kusumaningsih, S.Si., M.Si.

Sekretaris Komisi I Senat Akademik Fakultas

Lahir di Sukoharjo pada tahun 1973, Dr. Triana Kusumaningsih menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, serta gelar Master dan Doktor beliau peroleh juga di Universitas Gadjah Mada dengan bidang keahlian Ilmu Kimia.

Prof. Ir. Ari Handono R., M.Sc.(Hons)., Ph.D.

Ketua Komisi II Senat Akademik Fakultas

Lahir di Surakarta pada tahun 1961, Prof. Ari Handono Ramelan menyelesaikan pendidikan S1 di Institut Pertanian Bogor dengan bidang keahlian mekanisasi pertanian, sementara memperoleh Master dan Ph.D di Macquarie University Australia di bidang keahlian fisika.

Dr. Ahmad Ainurofiq, S.Si., M.Si., Apt.

Sekretaris Komisi II Senat Akademik Fakultas

Lahir di Kediri pada tahun 1978, Dr. Ahmad Ainurofiq menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta serta memperoleh gelar Doktor di Institut Teknologi Bandung dengan bidang keahlian Farmasi.

Prof. Drs. Sentot Budi Rahardjo, Ph.D.

Ketua Komisi III Senat Akademik Fakultas

Lahir di Semarang pada tahun 1956, Prof. Sentot Budi Rahardjo menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Sebelas Maret dengan bidang keahlian kimia dan gelar Ph.D beliau peroleh di The Flinders University of South Australia dengan bidang keahlian kimia.

Dr. Yofentina Iriani, S.Si., M.Si.

Sekretaris Komisi III Senat Akademik Fakultas

Lahir di Malang pada tahun 1971, Dr. Yofentina Iriani menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Brawijaya dengan bidang keahlian Fisika, Pendidikan Master di Universitas Gadjah Mada dan menyelesaikan pendidikan Doktor di Universitas Indonesia.

Prof. Dr. Drs. Pranoto, M.Sc.

Ketua Komisi IV Senat Akademik Fakultas

Lahir di Banjarmasin pada tahun 1954, Prof. Pranoto menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Negeri Yogyakarta, Sementara gelar Master diperoleh dari University of Wollongong dan Doktor diperoleh dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Prof. Dr. Drs. Eddy Heraldy, M.Si.

Sekretaris Komisi IV Senat Akademik Fakultas

Lahir di Jakarta pada tahun 1964, Prof. Eddy Heraldy menyelesaikan pendidikan Sarjana Ilmu Kimia di Universitas Gadjah Mada, kemudian melanjutkan pendidikan Master dan Doktor di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan bidang keahlian Ilmu Kimia.

KOORDINATOR

Antoni Hermawan, S.Kom.

Koordinator Tata Usaha

Lahir di Surakarta pada tahun 1973. Pendidikan jenjang sarjana di Universitas Surakarta dengan gelar Sarjana Komputer. Sebelum menjabat sebagai Koordinator, Antoni Hermawan sempat menjabat sebagai Kepala Subbagian Keuangan dan Umum Fakultas Pertanian UNS.

Dr. Utari, S.Si., M.Si.

Ketua Unit Penjaminan Mutu

Lahir di Jombang pada tahun 1970. Dr. Utari menyelesaikan pendidikan beliau sebagai Sarjana Fisika di Universitas Diponegoro dan menyelesaikan pendidikan Master dan Doktor di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Erna Nur'aini, S.Sos.

Subkoordinator Akademik

Lahir di Klaten pada tahun 1979. Lulus sebagai Sarjana Ilmu Sosial di Universitas Sebelas Maret pada tanggal 1 Januari 2002. Sebelum menjabat sebagai Sub Koordinator Akademik, Erna Nuraini pernah bertugas di Bagian Keuangan Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS.

Anung Satriawan, S.Sos.

Subkoordinator Non Akademik

Lahir di Karanganyar pada tahun 1982. Lulus sebagai Sarjana Ilmu Sosial di Universitas Sebelas Maret pada tanggal 14 Juli 2004. Sebelum menjabat sebagai Sub Koordinator Non Akademik, Anung Satriawan pernah bertugas di Bagian Akademik Fakultas Kedokteran UNS.

KEPALA LABORATORIUM

Dr. Dewi Retno Sari Saputro, S.Si., M.Kom.

Kepala Laboratorium Komputasi

Lahir di Klaten pada tahun 1970 dan menyelesaikan pendidikan doktormya di Institut Pertanian Bogor dalam bidang keahlian Statistik. Saat ini Dr. Dewi Retno Sari Saputro juga menjabat sebagai anggota Komisi C Senat Akademik Fakultas MIPA UNS.

Dr. Tetri Widiyani, S.Si., M.Si.

Kepala Laboratorium MIPA Terpadu

Lahir di Sleman pada tahun 1971 dan menyelesaikan pendidikan doktormya di Institut Pertanian Bogor dalam bidang keahlian Biosains Hewan. Dr. Tetri Widiyani pernah menjabat sebagai Kepala Laboratorium S1 Biologi Fakultas MIPA UNS.

UNSUR LAIN

Prof. Nuryani, S.Si., M.Si., Ph.D.

Kerjasama dan BPU

Lahir di Kediri pada tahun 1969, Prof. Nuryani menyelesaikan pendidikan doktor di University of Technology Sydney dalam bidang keahlian Electrical Engineering. Sementara gelar Magister dari Universitas Indonesia dan gelar sarjana dari Universitas Brawijaya.

Ahmad Marzuki, S.Si., Ph.D.

CDC dan Magang

Lahir di Demak pada tahun 1968, Ahmad Marzuki, Ph.D. menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Diponegoro dalam bidang keahlian Fisika serta menyelesaikan pendidikan Doktor di University of Leeds, Inggris dalam bidang Fotonik Material.

KEPALA PROGRAM STUDI SARJANA

Dr. Drs. Siswanto, M.Si.

Kepala Program Studi S1 Matematika

Lahir di Klaten pada tahun 1967 dan menyelesaikan pendidikan sarjana, magister dan doktornya di Universitas Gadjah Mada. Sebelum menjabat sebagai Kepala Program Studi Matematika, Dr. Siswanto pernah menjabat sebagai Kepala Laboratorium Komputasi Fakultas MIPA UNS.

Prof. Dr. Agus Supriyanto, S.Si., M.Si.

Kepala Program Studi S1 Fisika

Lahir di Bandung pada tahun 1969 dan menyelesaikan pendidikan doktornya di Universitas Gadjah Mada. Sebelum menjabat sebagai Kepala Program Studi Fisika, Prof. Agus Supriyanto menjabat Kepala UPT Lab Terpadu UNS dan Sekretaris Komisi II Senat FMIPA UNS.

Dr. Abu Masykur, S.Si., M.Si.

Kepala Program Studi S1 Kimia

Lahir di Magetan pada tahun 1971 dan menyelasaikan pendidikan doktormya di Universitas Gadjah Mada bidang keahian Ilmu Kimia. Sebelum menjabat sebagai Kepala Program Studi Kimia, Dr. Abu Masykur menjabat sebagai Kepala Divisi Bidang Kimia UPT Lab Terpadu UNS.

Dr. Dra. Ratna Setyaningsih, M.Si.

Kepala Program Studi S1 Biologi

Lahir di Surakarta pada tahun 1966 dan menyelasaikan pendidikan doktormya di Institut Pertanian Bogor bidang keahian Biologi. Sebelum menjabat sebagai Kepala Program Studi Biologi, Dr. Ratna Setyaningsih menjabat sebagai Kepala Laboratorium Biologi Fakultas MIPA UNS.

Dr. Wiharto, S.T., M.Kom.

Kepala Program Studi S1 Informatika

Lahir di Sukoharjo pada tahun 1975. Dr. Wiharto menyelasaikan pendidikan doktor dan mastermya di Universitas Gadjah Mada. Sementara untuk pendidikan sarjana ia peroleh di Sekolah Tinggi Teknologi Telkom Bandung.

Dr. rer. nat. apt. Saptono Hadi, S.Si., M.Si.

Kepala Program Studi S1 Farmasi

Lahir di Purworejo pada tahun 1976 dan menyelesaikan pendidikan doktormya di Technische Univ Carolo Wilhelmina Braunschweig Jerman. Pendidikan sarjana dan master Dr. Saptono Hadi ditempuh di Universitas Gadjah Mada dalam bidang Ilmu Farmasi.

Drs. Isnandar Slamet, M.Sc., Ph.D.

Kepala Program Studi S1 Statistika

Lahir di Sragen pada tahun 1966. Dr. Isnandar Slamet menyelasaikan pendidikan doktor dan masternya di Curtin University Of Technology Australia dalam bidang Matematika dan Statistika. Sementara untuk pendidikan sarjana ditempuh di Universitas Gadjah Mada.

Prof. Dr. Prabang S., S.Si.,M.Si.,C.EIA.,Ir.,IPM.

Kepala Program Studi S1 Ilmu Lingkungan

Lahir di Sleman pada tahun 1976 dan menyelesaikan pendidikan doktormya di Universitas Gadjah Mada. Sebelum menjabat sebagai Kepala Program Studi S1 Ilmu Lingkungan, Prof. Prabang Setyono pernah menjabat sebagai Kepala Program Studi S3 Ilmu Lingkungan UNS.

KEPALA PROGRAM STUDI MAGISTER

Prof. Dr. Eng. Budi Purnama, S.Si., M.Si.

Kepala Program Studi S2 Ilmu Fisika

Lahir di Klaten pada tahun 1973, Prof. Budi Purnama menyelasaikan pendidikan Sarjana dan Master di Universitas Gadjah Mada dan pendidikan Doktor beliau peroleh dari Kyushu University Jepang dalam bidang Ilmu Fisika dengan gelar Dr. Eng.

Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si., M.Si.

Kepala Program Studi S2 Kimia

Lahir di Ponorogo pada tahun 1975, Prof. Fitria Rahmawati menyelasaikan pendidikan doktor di Institut Teknologi Bandung, Pendidikan master beliau peroleh dari Universitas Gadjah Mada. Sementara untuk pendidikan sarjana ditempuh di Universitas Brawijaya.

Dr. Ari Susilowati, S.Si., M.Si.

Kepala Program Studi S2 Biosain

Lahir di Surakarta pada tahun 1969. Dr. Ari Susilowati menyelasaikan pendidikan doktornya di Institut Pertanian Bogor dalam bidang Biologi. Sementara untuk pendidikan sarjana ditempuh di Universitas Gadjah Mada dalam bidang ilmu botani.

KEPALA PROGRAM STUDI DOKTOR

Prof. Drs. Cari, M.A., M.Sc., Ph.D.

Kepala Program Studi S3 Fisika

Lahir di Pemalang pada tahun 1961, Prof. Cari menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Negeri Semarang, sementara gelar Master beliau peroleh di State University Of New York At New Paltz dan Ph.D beliau peroleh di State University of New York at Albany.

Prof. Dr. Drs. Sunarto, M.S.

Kepala Program Studi S3 Biologi

Lahir di Semarang pada tahun 1954, Prof. Sunarto menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Gadjah Mada, dan gelar Master juga beliau peroleh di Universitas Gadjah Mada, sementara gelar Doktor diperoleh dari Universitas Airlangga Surabaya.

KEPALA PROGRAM STUDI PROFESI

Dr. apt. Dinar Sari C. Wahyuni, S.Farm., M.Si.

Kepala Program Studi Profesi Apoteker

Lahir di Malang pada tahun 1980, Dr. Dinar Sari Cahyaningrum Wahyuni menyelesaikan pendidikan S1, Profesi dan S2 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, sementara gelar Doktor beliau peroleh di Leiden University Belanda.

KEPALA LABORATORIUM PROGRAM STUDI

Dr. Putranto Hadi Utomo, S.Si., M.Si.

Kepala Laboratorium Matematika

Lahir di Bogor pada tahun 1986, Dr. Putranto Hadi Utomo menyelesaikan pendidikan Sarjana dan Master di Institut Pertanian Bogor dan melanjutkan pendidikan Doktor di Eindhoven University Of Technology Belanda dengan bidang keahlian Matematika.

Dr. Yofentina Iriani, S.Si., M.Si.

Kepala Laboratorium Fisika

Lahir di Malang pada tahun 1971, Dr. Yofentina Iriani menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Brawijaya dengan bidang keahlian Fisika, Pendidikan Master di Universitas Gadjah Mada dan menyelesaikan pendidikan Doktor di Universitas Indonesia.

Dr.rer.nat. Maulidan Firdaus, S.Si., M.Sc.

Kepala Laboratorium Kimia

Lahir di Lamongan pada tahun 1979, Dr. Maulidan Firdaus menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Sebelas Maret, sementara gelar Master beliau peroleh di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan gelar Doktor beliau peroleh di Karlsruhe Universitat Jerman.

Dr. Nita Etikawati, S.Si., M.Si.

Kepala Laboratorium Biologi

Lahir di Yogyakarta pada tahun 1971, Dr. Nita Etikawati menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Gadjah Mada, dan gelar Master beliau peroleh di Institut Teknologi Bandung, sementara gelar Doktor beliau peroleh dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Dr. Techn. Dewi Wisnu Wardani, S.Kom., M.S.

Kepala Laboratorium Informatika

Lahir di Boyolali pada tahun 1978, Dr. Dewi Wisnu Wardani menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, sementara gelar Doktor beliau peroleh di Johannes Kepler University Linz Austria dengan bidang keahlian Informatika.

Adi Yugatama, S.Farm., M.Sc., Apt.

Kepala Laboratorium Farmasi

Lahir di Yogyakarta pada tahun 1988, Adi Yugatama, M.Sc. menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Gadjah Mada, dan gelar Master serta profesi apoteker juga beliau peroleh di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan bidang keahlian Ilmu Farmasi.

Dr. Hasih Pratiwi, S.Si., M.Si.

Kepala Laboratorium Statistika

Lahir di Magelang pada tahun 1970, Dr. Hasih Pratiwi menyelesaikan pendidikan Sarjana dan Doktor di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan bidang keahlian Ilmu Matematika, sementara gelar Master beliau peroleh di Institut Teknologi Bandung.

Sapta Suhardono, S.Pd., M.Sc.

Kepala Laboratorium Ilmu Lingkungan

Lahir di Klaten pada tahun 1993, Sapta Suhardono, M.Sc. menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Negeri Yogyakarta dengan bidang keahlian Pendidikan Geografi, dan gelar Master beliau peroleh di Universitas Gadjah Mada dengan bidang keahlian Ilmu Lingkungan.