VISI, MISI, TUJUAN DAN BUDAYA KERJA

FAKULTAS MIPA UNS

VISI, MISI, Tujuan & BUDAYA KERJA

Visi, misi dan tujuan Fakultas MIPA UNS ditetapkan berdasarkan pertimbangan yang sangat realistis dengan mempertimbangkan visi dan misi universitas. Fakultas MIPA UNS memiliki keinginan yang sangat kuat untuk menjadi fakultas dengan unggulan lokal dan nasional serta dalam konteks global, dengan misi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memiliki kontribusi pada pembangunan daerah dan nasional, serta bermuara pada peningkatan daya saing global. Selain itu, visi dan misi yang telah dipilih dan ditetapkan juga merupakan orientasi ke depan menuju arah yang lebih baik. Untuk dapat mewujudkan cita-cita luhur yang tertuang dalam visi, misi serta tujuan Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret (UNS), maka diupayakan setiap bentuk perencanaan baik di tingkat Fakultas, Program Studi maupun laboratorium selalu disusun dengan berpedoman pada visi, misi dan tujuan Fakultas MIPA UNS.

VISI

“Menjadi institusi pendidikan yang unggul dalam bidang ilmu dasar dan terapan yang bereputasi internasional pada tahun 2030.”

MISI

Dengan berlandaskan pada visi tersebut maka misi FMIPA UNS dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang ilmu dasar dan terapan.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berbasis pengembangan ilmu dasar dan terapan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi dari hasil penelitian.
  4. Menyelenggarakan tata kelola fakultas yang profesional

TUJUAN

Untuk melaksanakan misinya, FMIPA UNS menetapkan arah tujuan pengembangan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang professional dalam disiplin kelimuan
  2. Menghasilkan produk penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menghasilkan program Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Mewujudkan tata pamong yang kredibel, akuntabel dan transparan.

Budaya Kerja

1. Orientasi berprestasi; 2. Mengutamakan kepuasan pengguna jasa; 3. Kerja sama; 4. Integritas, 5. Berwawasan ke depan; dan 6. Kewirausahaan

Dalam rangka mewujudkan Visi, Misi, Tujuan, dan Nilai Dasar tersebut, seluruh sivitas akademika sepakat untuk menggelorakan semangat bersama UNS BISA “Berbudaya Kerja UNS ACTIVE, Internasionalisasi, Sinergi, Akselerasi menuju World Class University”.

UNS sejak didirikan tahun 1976 sampai sekarang telah mengalami berbagai dinamika perkembangan dan telah melakukan berbagai usaha untuk menjadi salah satu perguruan tinggi yang ternama. Berbagai program, kebijakan dan kegiatan telah dilakukan secara berkesinambungan untuk menghadapi tantangan perubahan global yang terus melaju cepat, dinamis, interdependen dan kompleks. UNS saat ini telah menjadi salah satu universitas negeri terpandang di Indonesia dan makin memantapkan langkahnya menuju World Class University (WCU). Hal ini telah dibuktikan dengan berbagai prestasi membanggakan baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.

Berbagai langkah yang ditempuh dalam rangka meningkatkan kapasitas UNS sebagai perguruan tinggi yang otonom, akuntabel, dan berdaya saing tinggi telah dilakukan sejalan dengan diperolehnya pengakuan menjadi Instansi Pemerintah yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 52/KMK.05/2009 tanggal 27 Pebruari 2009.

Pada tahun 2020, pemerintah telah memberikan keleluasaan dan fleksibilitas bagi UNS, baik saat akan membuka Program Studi (Prodi) baru, maupun dalam pengelolaan keuangan dan aset. Ditandai dengan ditetapkannya Universitas Sebelas Maret sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2020 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Tanggal 6 Oktober 2020.

Salah satu langkah konkret yang ditempuh dalam rangka mewujudkan good corporate university adalah dengan diterapkannya budaya kerja “UNS ACTIVE”, yaitu:

  • Achievement orientation Kemampuan untuk bekerja dengan baik dan berusaha melampaui standar prestasi yang ditetapkan, berorientasi pada hasil dan terus menerus melakukan upaya untuk meraih keunggulan.
  • Customer satisfaction Kemampuan untuk membantu atau melayani orang lain atau memenuhi kebutuhan pengguna jasa, baik internal maupun eksternal
  • Team work Kemampuan bekerja bersama orang lain, baik dalam tim besar maupun tim kecil dalam ruang lingkup institusi
  • Integrity Satunya kata dengan perbuatan, kemampuan mendeskripsikan maksud, ide dan perasaan serta menerjemahkan seutuhnya ke dalam perbuatan yang dilandasi dengan ketulusan, kesetiaan, rasa tanggung jawab dan komitmen yang tinggi terhadap kemajuan organisasi selaras dengan visi dan misi UNS
  • Visionary Kemampuan menetapkan sasaran baru ketika target yang ditetapkan telah tercapai dan berorientasi jangka panjang, termasuk kemampuan menyesuaikan perubahan lingkungan dan mudah menerima perubahan dalam institusi
  • Entrepreneurship Kemampuan mengolah sumberdaya yang ada menjadi suatu produk dan jasa yang mempunyai nilai tambah dan mencari keuntungan/keunggulan dari peluang yang belum dikembangkan orang lain