PROGRAM STUDI

Program Sarjana

FAKULTAS MIPA UNS

PROGRAM SARJANA

Program Studi Sarjana Fakultas MIPA UNS memiliki keinginan yang sangat kuat untuk menjadi Program Studi unggulan lokal dan nasional serta dalam konteks global, dengan misi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memiliki kontribusi pada pembangunan daerah dan nasional, serta bermuara pada peningkatan daya saing global. Salah satu langkah yang terpenting dilakukan adalah evaluasi kurikulum, hal ini dilakukan dalam rangka langkah awal reorientasi kompetensi sarjana MIPA yang diinginkan.  Pembahasan tentang kompetensi lulusan Program Sarjana MIPA UNS ini dilakukan oleh Tim Program Studi. Program Studi Sarjana Fakultas MIPA UNS telah terbukti menjadi salah satu program sarjana terbaik di Indonesia. Ada delapan pilihan program sarjana yang dapat dipilih yang disesuaikan untuk memenuhi minat dan bakat para calon mahasiswa dan untuk memasok kebutuhan tenaga kerja terampil di bidangnya. Program Studi Sarjana di Fakultas MIPA UNS antara lain adalah sebagai berikut:

Matematika

Program Studi Matematika Fakultas MIPA UNS merupakan embrio berdirinya Fakultas MIPA UNS yang mulai dirintis sejak tahun 1982. Diawali dengan merintis kerjasama antara UNS dengan International Development Project (IDP) Australia pada tahun 1986-1994 dalam pengembangan ilmu-ilmu dasar khususnya Matematika.

Fisika

Program Studi S1 Fisika dan Fakultas MIPA UNS didirikan berdasarkan SK Mendikbud tertanggal 1 Oktober 1996, No. 0297/O/ 1996. Pada tahun 2003 Program Studi S1 Fisika mendapat status Terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 05910/ Ak-VII-S1-029/ USFFGA/ IX/ 2003. 

Kimia

Program Studi S1 Kimia berdiri bersama-sama dengan berdirinya Fakultas MIPA UNS Surakarta pada tahun 1996. Rintisan Fakultas MIPA UNS dimulai sejak tahun 1982 dengan didukung oleh staf dosen berlatar pendidikan MIPA yang ditempatkan di Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Pertanian.

Biologi

Program Studi S1 Biologi merupakan salah satu jurusan pada Fakultas MIPA UNS Surakarta. Fakultas MIPA UNS didirikan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0297/0/1996 tanggal 1 Oktober 1996 dan diresmikan pada tanggal 2 Mei 1997 oleh Rektor Universitas Sebelas Maret atas nama Mendikbud RI. 

Informatika

Pada tanggal 29 Januari 2007 pemerintah melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional menerbitkan surat nomor 163/D/T/2007 tentang ijin penyelenggaraan jurusan / program studi S1 Ilmu Komputer pada Universitas Sebelas Maret sehingga pada tahun 2007 diijinkan menerima mahasiswa baru melalui jalur SPMB Nusantara.

Farmasi

Program Studi S1 Farmasi merupakan program studi ke-8 di lingkungan Fakultas FMIPA UNS, yang berdiri pada tanggal 22 Mei 2013 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 209/E/O/2013. Program Studi Farmasi FMIPA UNS didirikan dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar akan tenaga farmasis yang unggul  serta kemampuan UNS baik SDM maupun sarana prasarana.

Statistika

Berdasarkan  Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no 419/E/O/2014 tertanggal 17 September 2014, Pemerintah Republik Indonesia memberikan mandat kepada Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk membuka beberapa program studi baru. Salah satu program studi baru yang dibuka adalah Program Studi Statistika.

Ilmu Lingkungan

Program Studi S-1 Ilmu Lingkungan Fakultas MIPA UNS memiliki bidang kajian lingkungan secara holistik mencakup aspek abiotik, biotik dan kultural dengan penekanan kajian pada ekosistem perairan tawar. Aspek kajian pada Prodi S1 Ilmu Lingkungan mencakup kajian dasar ilmu-ilmu terkait lingkungan, kajian mitigasi dan adaptasi lingkungan serta kajian permasalahan lingkungan global.