PROFIL SINGKAT

FAKULTAS MIPA UNS

PROFIL SINGKAT

Universitas Sebelas Maret Surakarta merupakan universitas muda dengan potensi luar biasa hingga menjadi salah satu universitas terkemuka dan masuk dalam jajaran universitas terbaik Indonesia yang meraih anugerah  3  bintang dari QS Stars University Ratings dan Klaster 1 Peringkat 11 dari Kemendikbud pada Tahun 2020.

Pada tanggal 06 Oktober 2020 UNS telah resmi merubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (UNS-PTNBH) sehingga memiliki ruang gerak yang optimal dalam meningkatkan kualitas, memiliki otonomi dan kemandirian untuk mengimplementasikan kebijakan lima pilar akselerasi UNS menuju World Class University. Selain itu, UNS juga berkomitmen menjadi Green Campus University bereputasi nasional dan internasional serta Kampus Pelopor dan Benteng Pancasila dimana terdapat kawasan tempat ibadah enam agama yang saling bedekatan.

Dalam mewujudkan komitmen Universitas Sebelas Maret sebagai PTNBH, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam turut berperan aktif melakukan inovasi terdepan dalam penelitian, pengembangan IPTEKS dan pengabdian pada masyarakat serta mempersiapkan generasi muda penerus bangsa yang unggul sebagai insan cendikia yang berbudi luhur agar mampu berkiprah dalam membangun kemajuan bangsa Indonesia. Berdiri pada 01 Oktober 1996, Fakultas MIPA UNS saat ini memiliki 13 program studi, meliputi 8 Program Studi Sarjana dan 5 Program Studi Pasca Sarjana dengan dukungan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional. Fakultas MIPA UNS juga menerapkan konsep pembelajaran dengan teknologi virtual reality yang modern, sistem informasi yang mudah dan teritegrasi, serta terdepan dalam penelitian dan pengembangan IPTEKS untuk menyelenggarakan pendidikan berkualitas, yang menghasilkan lulusan profesional di bidang ilmu dasar dan terapan, sesuai dengan kebutuhan IPTEKS masa kini dan masa depan.

Untuk mewujudkan visi pendidikan tinggi Indonesia, Kampus Merdeka Merdeka Belajar, Fakultas MIPA UNS siap mencetak lulusan berwawasan luas, bermoral tinggi, mampu berperan aktif pada pengabdian masyarakat serta mampu menghadapi persaingan pada era global. Ini merupakan konsep atas jawaban pada dunia pendidikan yang dewasa ini hanya fokus pada transfer ilmu pengetahuan. Pembelajaran di Fakultas MIPA UNS dikontrol melalui mekanisme untuk menjamin keberlangsungan pendidikan tinggi berkualitas, dengan fasilitas penunjang akademik utama yang representatif antara lain:

UPT Laboratorium Terpadu UNS
terakreditasi KAN

UPT Perpustakaan UNS
yang lengkap, modern dan Terakreditasi A

UPT Bahasa
Universitas Sebelas Maret

UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi
Universitas Sebelas Maret

Laboratorium Komputasi
Fakultas MIPA UNS

Laboratorium MIPA Terpadu
Fakultas MIPA UNS

Banyaknya prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa serta tenaga pendidik dan kependidikan, di tingkat nasional maupun internasional, membuktikan bahwa Fakultas MIPA UNS telah berhasil mencetak SDM berkualitas yang mampu mengembangkan IPTEKS, memiliki integritas, kemandirian, kepribadian dan kejujuran, tanggap terhadap kemajuan IPTEKS, serta mampu menghasilkan produk penelitian ilmu dasar dan terapan yang bermanfaat.

Di dukung sarana dan prasarana yang memadai serta suasana lingkungan Fakultas MIPA UNS yang sejuk dan nyaman menjadi tempat yang sempurna untuk belajar, berproses dan menempa diri yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti:

  1. Taman sebagai ruang terbuka hijau dan ruang diskusi
  2. Sarana penunjang olahraga
  3. Penerapan protokol kesehatan
  4. Ruang seminar yang luas dan modern
  5. Fasilitas yang ramah disabilitas
  6. Gedung UKM Mahasiswa
  7. Masjid yang nyaman dan megah
  8. Lingkungan kampus yang hijau
  9. FMIPA Open Space
  10. UNS Bird Conservatory
  11.  
  12.  

Dengan berbagai keunggulan SDM yang dimiliki, Alumni dengan posisi pekerjaan yang baik di seluruh pelosok negeri, serta dukungan dan sinergisitas Ikatan Keluarga Alumni Fakultas MIPA (KAFMIPA) UNS dan Yayasan Keluarga Alumni (Yayasan MICARE) Fakultas MIPA UNS diharapkan dapat menjadi bekal bagi para lulusan yang mampu memenangkan persaingan di era global, menjadi kebanggaan Indonesia yang konsen dalam bidang penelitian, inovasi dan teknologi informasi guna memberikan sumbangsih bagi kemajuan peradaban dunia.