Kepala Lab MIPA Terpadu Menjadi Narasumber di Sangiran

0
125

sayekti-wahyuPada hari Selasa, 22 November 2016 pukul 08.30 WIB bertempat di Kantor Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Dr. Sayekti Wahyuningsih, M.Si selaku Kepala Laboratorium FMIPA UNS menjadi narasumber pada acara Sosialisasi Hasil Kajian Bahan Konservasi Fosil.

Acara yang bertempat di Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran Sragen Jawa tengah dibuka oleh Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran. Dalam sambutannya beliau menjelaskan pentingnya adanya kajian bahan konservasi fosil di masa mendatang dan diharapkan berlanjut seterusnya dan dapat mengatasi masalah yang ada terkait konservasi bahan fosil.

Materi berikutnya dilanjutkan dengan ulasan hasil kajian bahan konservasi fosil oleh Nurul Fadhilah mewakili tim risetnya. Kajian konversi fosil ini membahas tentang alternatif bahan alam konservan yang digunakan untuk penyambungan fosil dan membandingkan efektivitasnya dengan bahan perekat yang sudah ada yaitu epoksi resin. Alternatif bahan perekat alam yang dikaji berasal dari Gondorukem, Damar Batu, Damar Mata Kucing, dan Kolagen Hewan (Anchor). Kajian diperdalam dengan penjelasan dari Ibu Dr. Sayekti Wahyuningsih, M.Si menjelaskan sifat perekat (adhesive) secara kimia dan aplikasinya sebagai perekat pada bahan fosil. Diharapkan terjalin kolaborasi penelitian lebih lanjut di tahun mendatang mengenai kajian bahan perekat alam pada aplikasi fosil. [M2]