Peduli Obat Herbal, Kimia FMIPA UNS Menyelenggarakan Seminar Nasional

0
74

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Seminar Nasional tentang Obat Herbal. Seminar yang diselenggarakan pada hari Sabtu (5/5/2018) bertempat di Haris Hotel Solo diikuti oleh seratus lima puluh peserta dari beberapa perguruan tinggi dan praktisi apoteker.

Dekan FMIPA UNS, Prof. Ir. Ari handono Ramelan, MSc. (Hons) Ph.D (berpeci) menyempatkan foto bersama pembicara Prof. Jumina, Ph.D dan Prof. Dr. Subagus Wahyuono, MSc. Apt

Seminar yang menghadirkan tiga orang pembicara dibuka langsung oleh Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc. Ph.D selaku Dekan FMIPA. Dalam sambutannya beliau sangat mendukung terselenggaranya seminar ini, karena bisa mengangkat potensi tanaman obat yang banyak tumbuh di Indonesia.

Masing-masing pembicara adalah Prof.Dr. Subagus Wahyuono, M.Sc, Apt dari Fak Farmasi UGM, dengan materi  Penemuan Obat Dari Bahan Alam;  Prof.Drs. Jumina, Ph.D dari Fak MIPA UGM, dengan materi Pengembangan Supramolekul Kaliks [4]Resorsinarena Dari Minyak Atsiri Lokal Dan Uji Aktifitasnya Sebagai Antioksidan Serta Tabir Surya dan pembicara ketiga adalah Dr. Soerya Dewi Marliyana, M.Si dari MIPA UNS dengan materi Fitokimia Dan Aktifitas Antibakteri Dari Kaempferia Pandurata Roxb ( Temu Kunci).

Adapun tujuan diselenggarakannya seminar, menurut Dr. Triana selaku panitia penyelenggara adalah sebagai sarana untuk meningkatkan jalinan penelitian dan kerjasama riset bidang obat herbal. [Mnr]