Asah Kemampuan Bahasa Inggris Anak SMA, FMIPA UNS Adakan Story Telling Competition

0
69

Biologi English Club Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) selenggarakan Story Telling Competition (Lomba Cerita dalam Bahasa Inggris) memperebutkan Piala Wali Kota Surakarta. Lomba yang diadakan pada hari Sabtu (7/10/2017) di Ruang Sidang Gedung C FMIPA UNS diikuti oleh siswa-siswi tingkat SMU sederajat se-eks karesidenan Surakarta.

 

Nahdah Hanifah dari SMA Al Islam 1 Surakarta ketika membawakan cerita pada ajang Story Telling Competition yang diadakan oleh HIMABIO (mnr/mipa)

Ada lima belas peserta dari berbagai sekolah yang mengikuti kompetisi tersebut. Para peserta dibebaskan untuk memilih tema cerita yang akan dibawakan mulai dari cerita rakyat, sampai modern.  Disamping  itu , peserta juga diperbolehkan memakai kostum dan menggunakan properti untuk mendukung dan memperkuat visualisasi cerita yang dibawakan. Seperti Aprilia Tri Haryanti dari SMAN 1 Boyolali yang memakai kostum wayang orang untuk membawakan cerita Roro Jonggrang ditambah dengan gambar backdrop Candi Prambanan untuk memperkuat jalan cerita.

Tidak berbeda dengan Aprilia, Evi Puspitasari juga menggunkana property backdrop berupa gambar yang berukuran cukup besar (2×3 meter) untuk menguatkan cerita yang dibawakan. Pelajar dari SMAN 1 Karananyar ini membawakan cerita Legenda Batu Menangis, cerita rakyat yang berasala dari Indoesia Timur.

Setiap peserta diberi waktu 10 menit untuk membawakan cerita mereka dalam bahasa inggris. Semua peserta terlihat antusias dan atraktif ketika menceritakan kisah-kisah yang  dibawakan. Tidak hanya ucapan, tapi gerakan dan juga penggunaan property cerita masing-masing peserta cukup maksimal.

“Semua peserta tampil bagus, sehingga kami benar-benar harus memilih peserta yang paling baik diantara yang baik,” demikian disampaikan Prof. Drs. Suranto, M.Sc. Ph.D salah satu dewan juri.

Adapun kriteria penilaian adalah expresion, language, creativity dan performance.

Tampil sebagai pemenang pertama adalah Bilqis Binar Tamaraya dari SMAN 1 Gemolong Sragen, berhak atas Tropi Wali Kota Surakarta. Sementara juara 2 dan 3 masing-masng diraih oleh  Nahdah Hanifah dari SMA Al Islam Surakarta dan Aprilia Tri Haryanti dari SMAN 1 Boyolali.

Acara Story Telling Competition sendiri adalah acara eksternal yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi  Biology English Club Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) FMIPA UNS. [M2]