Mahasiswa FMIPA UNS Meraih Beasiswa 20 Juta dari L’Oréal Girls in Science

0
56

Usnida Ummas Zahra

Usnida Umma Zahra mahasiswa Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS, berhasil meraih beasiswa sebesar 20 juta dari L’Oréal Girls in Science (LGIS). Sebuah program beasiswa unik yang diluncurkan atas kemitraan antara L’Oréal Indonesia dan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNU) KEMDIKBUD, yang diperuntukkan bagi para mahasiswi di bidang sains guna mendorong bakat-bakat besar cikal bakal perempuan peneliti Indonesia di masa depan. LGIS sendiri adalah kompetisi sains nasional untuk mahasiswi dari Fakultas Sains (selain Fakultas Humaniora dan Sosial).

Usnida lolos memperoleh beasiswa tersebut berkat esainya yang berjudul Pemodelan Penyebaran Penyakit HIV/AIDS di indonesia dengan model SEIS (Susceptible, Exposed, Infected dan Isolated). Usnida berhasil menyisihkan pesaing nya difinal sebanyak  10 finalis lain dari 7 universitas diantaranya ITB, UB, UGM, USU, dan lain sebagainya. Sebelum lolos ke babak final, Usnida terlebih dahulu bersaing dengan menyisihkan puluhan proposal yang dikirimkan ke panitia.

Saat ini Usnida juga aktif di Yayasan Lentera, sebuah komunitas di Kota Solo yang memberIkan pendampingan kepada anak-anak pederita HIV/AIDS.

Tujuan dari program LGIS adalah untuk mempromosikan ilmu pengetahuan sebagai suatu hal menyenangkan, kreatif dan bidang vital yang menjanjikan karir. Sebelumnya dikenal sebagai L’Oréal Gadis Science Camp, program tersebut telah dirubah untuk memastikan bahwa itu selaras dengan inisiatif dari L’Oréal Foundation dan yang LGIS saham ekuitas yang sama dengan L’Oréal-UNESCO For Women in Science dan L’Oréal Sorority di science, yang adalah untuk meningkatkan kesadaran ilmu antara perempuan.[M2]