ROBOT FMIPA JUARA 3 GROUP PADA LOMBA ROBOT NASIONAL

0
205

Awal yang bagus setelah beberapa tahun UNS absen dalam lomba robot tingkat nasional. Tim Robot FMIPA UNS mengikuti lomba robot, yaitu BARONAS (Lomba Robot Nasional) yang merupakan kontes robot berskala nasional yang diadakan setiap tahun di ITS. Lomba robot tingkat mahasiswa mempunyai tema Reforestation Robot. Dalam perlombaan ini robot punya tugas untuk memindahkan item (berbentuk seperti pohon) dari satu tempat ke tempat lain menggunakan dua robot sekaligus, yaitu robot manual dan robot otomatis. Pemenang ditentukan berdasarkan jumlah item yang dipindahkan dan kecepatan menyelesaikan tugasnya.

BARONAS yang diadakan pada tanggal 17-18 Mei 2013 ini diikuti oleh universitas ternama di Indonesia diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Tim robotika FMIPA UNS berada digrup A, satu grup dengan UGM, PEN Malang, PEN Surabaya dan PEN Ujung Pandang.

Robot yang digunakan dalam lomba ini adalah robot beroda yang mempunyai penjepit diujungnya yang terdiri dari robot manual dan otomatis. Robot manual adalah robot yang bisa dikendalikan manual dengan stick play-station untuk menyelesaikan tugas dan robot otomatis adalah robot yang berjalan sendiri secara otomatis untuk menyelesaikan tugas dengan sensor yang terpasang. Sistem kontrol yang digunakan memakai mikrokontroller Atmega8535 yang telah diisi program khusus sebagai sistem kecerdasan robot ini. Robot yang dibuat oleh Edi Prasetyo dan kawan-kawan ini (dari Jurusan Fisika FMIPA UNS) dibawah bimbingan dosen fisika Nuryani, MSi.,PhD. telah menunjukkan kinerjanya yang bagus dengan menempati juara 3 grup yang unggul atas UGM dan PEN (Politeknik Negeri Surabaya).