Seminar Karir, Menggapai Sukses Dengan Jujur dan Percaya Diri

0
207

Tanpa dipungkiri, setiap orang ingin yang namanya sukses. Sukses dalam belajar, sukses dalam karir dan tentu saja sukses dalam kehidupan. Untuk membekali lulusannya agar sukses dalam meraih apa yang dicita-citakan, Bidang Kemahasiswan dan Alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Seminar Karir. Seminar yang diadakan pada hari Rabu (4 Juli 2018) ditujukan untuk mahasiswa tingkat akhir dan calon wisudawan periode Juli 2018. Sebanyak 200 peserta memadati Ruang Aula Gedung C mendengarkan materi yang disampaikan oleh para pembicara.

Adapun pembicara yang dihadirkan sebanyak 4 orang dengan berbagai latar belakang keilmuan dan keahlian yang berbeda . Tampil sebagai pembicara pertama adalah Setyo Prihandono, S.Si, alumni Fisika bekerja sebagai Direktur Utama Penerbit dan Percetakan Media Setya Tama Muntilan Magelang. Sedangkan pembicara kedua dan ketiga masing masing adalah Kartini, S.Si (Staf Pengawasan Asuransi dan Konglomerasi Otorijas Jasa Keuangan) dan Teguh Endah Saraswati, S.Si. M.Si. Ph.D (Peneliti sekaligus Staf Pengajar FMIPA). Sedangkan pembicara terakhir adalah Zulfikar Srimahendro Utomo, S.Si (HR System & Services Manager di Danone Early Life Nutrition, Jakarta).

Sebagaimana disampaikan oleh Dono, panggilan akrab Setyo Prihandono, bahwa untuk menjadi orang sukses salah satu modal utamanya adalah confident ataupercaya diri. Kita harus yakin bahwa kita bisa dan mampu, maka kemampuan itu akan menyertai kita. Sebagai seorang pengusaha, boleh dikatakan bahwa rasa percaya diri Dono besar, meski lulusan Fisika, dia mampu membangun usaha penerbitan hingga mencapai kesuksesan.

Senada dengan Dono, Teguh Endah juga menekankan pentingnya rasa percaya diri. Sebagai lulusan UNS kita tidak boleh minder, harus punya motivasi untuk maju. Endah merasakan ketika menempuh studi lanjut di negeri sakura Jepang. Ternyata lulusan dari Indonesia tidak kalah jika dibandingkan dengan lulusan dari luar negeri. Buktinya dia bisa menyelesaikan studinya tepat waktu. Dia juga memotivasi mahasiswa untuk bisa studi ke jenjang yang lebih tinggi, karena ilmu pengetahuan itu terus berkembang.

Ilmu dan wawasan peserta seminar semakin bertambah karena juga menghadirkan Zulfikar dan Kartini. Zulfikar yang saat ini bekerja di Danone Early Life Nutrition sebagai HR System & Services Manager memberikan tips agar bisa lolos bekerja di perusahaan multinasional dimana persaingan untuk memasukinya cukup ketat. Diantara kiat agar bisa lolos adalah penguasaan bahasa asing terutama Inggris, disamping juga harus mengetahui perusahaan yang dilamar, dan yang tidak kalah penting adalah jujur.

“Saat ini perusahaan mencari karyawan tidak hanya karena kepandaiannya saja, tapi juga karyawan yang berkarakter, jujur dan dapat bekerjasama” ujar Fikar.

Sementara Kartini yang saat ini bekerja di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta menekankan pentingnya untuk serius ketika melamar pekerjaan. Dia merasakan bagaimana ketika sampai pada tahap wawancara, harus mampu mendeskripsikan diri dan menjawab pertanyaan dari pewawancara. Jika kita tidak serius dan mempersiapkan dengan baik, bisa jadi akan gugur ditahap ini.

Acara seminar ini merupakan bagian dari mempersiapkan lulusan sarjana agar siap bersaing di duia kerja maupun dunia pendidikan lanjut bahkan ketika mereka mempunyai pilihan lain seperti berwirausaha. Sehingga keempat pembiacara yang dihadirkan mewakili keinginan para lulusan, ada dari pengusaha, pekerja di sektor swasta dan negeri bahkan ada juga dari peneliti atau dosen. Diharapkan dari acara seminar ini, peserta mempunyai gambaran ketika lulus sarjana, apakah ingin melanjutkan studi, bekerja maupun berwiraswasta.

“Semoga apa yang disampaikan oleh para pembicara bisa menginspirasi dan memotivasi peserta untuk sukses lebih lanjut “ ujar Prof. Sugiyarto, wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni FMIPA dalam sambutanya. [Mnr]