UNS Diharapkan Mampu Membuat Wadah Halal Center

0
172

Halal 1
Beberapa instrument yang dimiliki UNS bisa disumbangkan manfaatnya bagi kepentingan bersama dan masyarakat, bahkan jika mungkin UNS mampu membuat suatu wadah berupa Halal Center, demikian disampaikan Pembantu Rektor I, Prof. Drs. Sutarno. M.Sc., Ph.D dalam sambutan pembukaan mewakili Rektor pada acara Coference and International Workshop on Nutrition, Food Safety and Halal Product.

Acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 26 April 2014 di Ruang Sidang II Rektorat ini diikuti oleh 104 peseta yang terdiri dari akademisi berbagai perguruan tinggi yang ada di Indoneisa. Tujuan dari penyelenggaraan konferensi ini adalah meningkatkan kerjasama diantara perguruan tinggi, lembaga penelitian dan indsutri.

“Disamping itu, diharapkan acara ini juga dapat dijadikan sarana bertukar informasi dan menyebarluaskan hasil penelitian dan dapat memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah IPTEK khususnya terhadap masalah pangan”, demikian ditambahkan oleh Venty Suryanti, M. Phil, Ph.D selaku ketua panitia.

Hadir sebagai pemakalah adalah Ir. Sumanar Jati, dari LPPOM MUI, Fanny Widjaya, Ph.D dari PT Barca Niaga Medica serta Dr. Sayekti Wahyuningsih, M.Si. dari Universitas Sebelas Maret. Sebagai Keynote Speaker adalah Drs. Elias Payong Kerar, M.M. mewakili Dr. Ir HM Hatta Radjasa yang berhalangan hadir.

Tantangan Sertifikasi Halal, sebagaimana disampaikan oleh Ir. Sumanar Jati diantaranya adalah Kesadaran Masyarakat terhadap kehalalan produk obat dan kosmetik belum seperti produk pangan, meskipun sekarang sudah meningkat. Sementara dari sisi produsen, kesadaran untuk menyediakan produk obat dan kosmetik halal belum seperti produk pangan disamping juga ketersediaan bahan baku obat dan kosmetik halal masih sedikit atau sulit didapatkan.

Konferensi diakhiri dengan penyampaian makalah oral secara paralel dibagi menjadi empat kelas paralel.